JEER (Journal of Elementary Educational Research)
Vol 2 No 1 (2022): 2022 Volume 2 No 1

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Materi Daur Air

El Hajjah Samsiati (MIN I Bombana)
Burhan Burhan (MIN 1 Bombana)
Aris Armeth Daud Al Kahar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada Materi Daur Air di MIN I Bombana. Model Pembelajaran Role Playing merupakan suatu usaha peneliti guna meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, serta tes tertulis pada tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Tes awal menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 63.38. Hasil rata-rata siswa pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,87dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan pada siklus II nilai rata-rata 86,26 dengan persentase ketuntasan klasikal 93,75%. Dengan demikian model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Other

Description

Culture and local wisdom based education in elementary schools multicultural context Digital-based Learning Media and Online Learning System (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Religious Education, Art, Game and Sport, and Local Content) in Elementary School ...