Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 1 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Penggunaan Aplikasi Messenger Pada Etnomatematika Bangun Ruang Di SMA Negeri 1 Nanga Mahap

Medlyn Claudyasuka Patari (IKIP PGRI Pontianak)
Jeni Stefvia (IKIP PGRI Pontianak)
Saidati Saidati (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah True-Experimental. Rancangan yang diigunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kontrol grup design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan aplikasi massanger. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Nanga Mahap dengan subjek penelitian yang terdiri dari 20 siswa kelas XA sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling yakni pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal essay yang digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap penggunaan aplikasi massanger. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi massanger memberikan pengaruh signifikan tehadap hasil belajar siswa dengan perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol adalah 92,42 dan 89, 42.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...