Magister Scientiae
No 30 (2011)

Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri BerbantuanKomputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalkulus II

I. Nyoman Arcana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2011

Abstract

Secara teoritis, cara terbaik untuk memperoleh pemahaman konseptual dalam kalkulus adalah membaca berulang-ulang teori dasarnya dan kemudian mengerjakan latihan-latihan yang bervariasi, dimulai dari latihan untuk pengecekkan konsep, menguji pemahaman konseptual melalui grafik, dan latihan menggunakan deskripsi verbal untuk menguji pemahaman konseptual. Tetapi, tidak banyak mahasiswa yang mau membaca berulang-ulang teori dasarnya, bahkan secara umum banyak mahasiswa yang mudah bosan membaca buku, dan sebaliknya sangat tergoda oleh hal-hal yang bersifat visual seperti televisi dan komputer. Penelitian (pengembangan) ini bertujuan membuat CD (Compact Disk) pembelajaran mandiri untuk mengurangi kelelahan dan kejenuhan tersebut. CD memanfaatkan program animasi untuk mempermudah pemahaman konsep dasar kalkulus. Pengembangan pembelajaran ini menggunakan metode/model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif. Presedur pengembangan meliputi: studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal produk, validasi (validasi ahli, uji lapangan), revisi program berdasarkan hasil validasi, dan pengumpulan serta analisis data. Hasil pengembangan adalah CD pembelajaran yang diberi judul REMEDI KONSEP KALKULUS

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Magister_Scientiae

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Magister Scientiae Journal is published twice annually in March and October. This journal contains articles based on research report and critical analysis in teaching and learning. We only accept manuscripts which have not been published in other media, including personal blogs. The contributing ...