Economics, Business, Management, & Accounting Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)

Kesadaran Personal Terhadap Rantai Nilai Halal Pada Pelaku UMKM Snack Edamame “WND Food” di Sumbersari Jember

Nur Ika Mauliyah (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Hikmatul Hasanah (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Suprianik (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Halal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan umat Islam, oleh karena itu kebutuhan akan produk halal menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara langsung dari pelaku UKM snack edamame “WND Food” Sumbersari Jember berkaitan dengan pemahaman tentang pentingnya rantai nilai halal pada produknya, serta apa yang menjadi motivasi kesadaran personalnya untuk mengajukan proses sertifikasi halal pada produknya. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pelaku UKM snack edamame “WND Food” Sumbersari Jember mempunya kesadaran personal terhadap nilai halal pada produknya antara lain: kesadran terhadap perintah agama, kesadaran terhadap pangsa pasar, kesadaran terhadap perilaku konsumen, kesadaran terhadap keberlanjutan usaha, dan kesadaran yang luas terhadap rantai nilai halal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) mempublikasikan hasil penelitian maupun literature review pada bidang: Ekonomi (Makro & Mikro) Manajemen Keuangan Menajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Hubungan Industri Manajemen Strategi Sistem Informasi Manajemen ...