Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di Kelas IV SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik, orang tua dan guru. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan penerapan pendidikan karakter meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik. Proses pelaksanaannya guru menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, diskusi dan penugasan. Pada pembelajaran tematik pada tema 1, nilai karakter yang dikembangkan oleh guru ada empat yaitu religius, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendidikan karakter adalah faktor dari diri sendiri guru, keadaan sekarang yaitu belajar secara daring dan dukungan orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021