Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN NO. 37 PATANI II KABUPATEN TAKALAR

Annisa Dwi Putri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Sundari Hamid (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Soma Salim S (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN NO. 37 PATANI II Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental serta desain penelitian adalah penelitian jenis One- Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian inia adalah seluruh siswa kelas III SDN NO. 37 PATANI II dan sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau sampel total keseluruhan populasi karena jumlahnya kurang dari 100 yaitu siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Proses pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yaitu tes uji tertulis pilihan ganda dan observasi. Tes yang dilakukan sebanyak dua yaitu menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah Uji Independen Sampel T Tes analisis berbantuan spss 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas III mengalami peningkatan. Dengan demikian, model pembelajaran interaktif dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...