JWM (JURNAL WAWASAN MANAJEMEN)
Vol. 1 No. 2 (2013)

Peranan Keterlibatan Dalam Memprediksi Perilaku Loyalitas Konsumen Pada Private Store Apparel Brands Di Banjarmasin

admin admin (Unknown)
Nuril Huda (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)
Siti Aliyati Albushairi (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2013

Abstract

Private store brands sebagai pasar ritel kehadirannya mencolok dari merek- merek toko lainnya. Kemajuan dalam teknologi telah mengubah pilihan rasa dan preferensi pelanggan. Apa yang dirasakan konsumen secara signifikan dapat meningkatkan loyalitas merek sebagai hasil dari strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil dari pelanggan berdasarkan variabel demografi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian merek pakaian, mengetahui faktor-faktor keterlibatan yang mempengaruhi loyalitas merek, dan perceptual mapping pelanggan berdasarkan pengguna produk dan faktor keterlibatan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor dan Biplot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil dari pelanggan private store apparel brands meliputi berjenis kelamin laki-laki, usia respon- dennya 20-29 tahun, belum nikah, tidak mempunyai anak, berpendidikan Sarjana, berpendapatan Rp.2.000.000,- sampai Rp2.999.999,-. Struktur faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kepribadian, kelompok referensi dan keluarga. Sedangkan faktor yang paling dominan adalah kepribadian. Struktur faktor keterlibatan dalam memprediksi perilaku loyalitas merek adalah sign dan risk importance, risk probability, pleasure, interest, serta pleasure dan risk probability. Sedangkan yang paling dominan adalah sign dan risk importance. Pelanggan yang berpendapatan menengah, memiliki pekerjaan wiraswasta, dan karyawan swasta serta berpendidikan tinggi dekat dengan semua faktor yang terbentuk.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jwm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Wawasan Manajemen, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to management. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, ...