Private store brands sebagai pasar ritel kehadirannya mencolok dari merek- merek toko lainnya. Kemajuan dalam teknologi telah mengubah pilihan rasa dan preferensi pelanggan. Apa yang dirasakan konsumen secara signifikan dapat meningkatkan loyalitas merek sebagai hasil dari strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil dari pelanggan berdasarkan variabel demografi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian merek pakaian, mengetahui faktor-faktor keterlibatan yang mempengaruhi loyalitas merek, dan perceptual mapping pelanggan berdasarkan pengguna produk dan faktor keterlibatan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor dan Biplot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil dari pelanggan private store apparel brands meliputi berjenis kelamin laki-laki, usia respon- dennya 20-29 tahun, belum nikah, tidak mempunyai anak, berpendidikan Sarjana, berpendapatan Rp.2.000.000,- sampai Rp2.999.999,-. Struktur faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kepribadian, kelompok referensi dan keluarga. Sedangkan faktor yang paling dominan adalah kepribadian. Struktur faktor keterlibatan dalam memprediksi perilaku loyalitas merek adalah sign dan risk importance, risk probability, pleasure, interest, serta pleasure dan risk probability. Sedangkan yang paling dominan adalah sign dan risk importance. Pelanggan yang berpendapatan menengah, memiliki pekerjaan wiraswasta, dan karyawan swasta serta berpendidikan tinggi dekat dengan semua faktor yang terbentuk.
Copyrights © 2013