Journal of Educational Analytics
Vol. 1 No. 2 (2022): August 2022

Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas V SD

Azaz Akbar (Universitas Muhammadiyah Buton)
Herni (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Majapahit Kabupaten Buton Selatan dengan metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I terdapat 7 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 41% tuntas, dan 10 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM atau 59% belum tuntas. Siklus II terdapat 14 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 82% tuntas, dan 3 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM atau 18% belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL). dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Majapahit Kabupaten Buton Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeda

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Educational Analytics (JEDA) is a peer review and open-access journal that provides an international platform for disseminating research results and review articles in the field of education. This Journal is published four time per year at February, May, August and November by Formosa ...