Soal cerita merupakan salah satubentuk soal yang menyajikan permasalahan terkait dengan kehidupan sehari-haridalam bentuk soal cerita. Pada umumnya, pengerjaan soal cerita dinyatakan dalambentuk uraian. Kesalahan konsep adalah kesalahan peserta didik dalammenafsirkan dan menggunakan konsep matematika kesalahan merupakanpenyimpangan terhadap hal yang benar yang sifatnya sistematis, konsisten,maupun insedental pada daerah tertentu.Kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soa matematika berkaitan dengankesalahan peserta didik dalam menggunakan dan menerapkan langkah-langkahdalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan-kesalahan peserta didik dapatterjadi karena peserta didik tidak memahami soal dengan baik dan tidak telitidalam melakukan perhitungan. Adapun permasalahan yang didapat peserta didikkelas IX disekolah MTs Az Zikra Kota Sorong masih 20% yang paham tentangsoal cerita kesebangunan (5 peserta didik yang paham dari 25 peserta didik) dan80% yang masih belum paham tentang soal cerita kesebangunan (20 peserta didikyang belum paham dari 25 peserta didik).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankualitatif deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatanstudi kasus. Studi kasus bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep pesertadidik dalam menyelesaikan soal cerita kesebangunan. subjek dalam penelitian ini,peneliti menggambil 6 peserta didik dengan pertimbangan atau rekomendasi dariguru mata pelajaran. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian inimeliputi tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini mengacu padamodel Milles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan.Dari indikator kesalahan konsep yaitu kesalahan memahami soal, kesalahanmembuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan atau menyelesaikan modelmatematika. Berdasarkan hasil penelitian dari keempat indikator kesalahan konsepbahwa indikator kesalahan memahami soal yaitu sebagian besar peserta didiktidak memahami soal ini terlihat dari hasil jawaban subjek yang tidak dapatmenerapkan konsep kesebangunan dengan benar, indikator kesalahan membuatrencana yaitu Sebagian besar peserta didik tidak dapat menulis atau menentukanapa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal, indikator kesalahanmelaksanakan atau menyelesaikan model matematika yaitu sebaian besar pesertadidik tidak dapat melaksanakan model matematika dengan benar atau tidakmenggunakan perbandingan kesebangunan, dan indikator kesalahan menulis ataumenyatakan jawaban akhir soal yaitu sebagian besar peserta didik salah dalammenulikan jawaban akhir pada keempat soal.
Copyrights © 2021