Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran Pewarnaan Rambut dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dirancang dengan menggunakan software Lectora Inspire pada mata pelajaran Pewarnaan Rambut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran Pewarnaan Rambut khusus pada materi Pewarnaan Artistik Teknik Tipping. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 ahli materi dan 3 ahli media, dimana 3 ahli materi terdiri dari 2 Dosen Progam Studi Pendidikan Tata Rias Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Medan serta 1 guru bidang studi pewarnaan rambut SMK Negeri 10 Medan dan untuk 3 ahli media terdiri dari 3 Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menujukkan bahwa hasil penilaian dari ahli materi 4,59 dengan kriteria “sangat baik” dan ahli media 4,57 dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk mata pelajaran Pewarnaan Rambut khususnya pada materi Pewarnaan Artistik Teknik Tipping. Kata Kunci :Research and Development (R&D), Lectora Inspire, Pewarnaan Artistik Teknik Tipping
Copyrights © 2021