Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 01 (2014): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer

Jefri Marzal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2014

Abstract

Abstrak Munculnya internet dan teknologi komunikasi online telah merubah cara orang bekerja, berkomunikasi, bersosialisasi dan belajar. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukan bahwa sepertiga dari 1000 pengajar mengalami kesulitan menggunakan teknologi yang disediakan oleh sekolah. Dengan demikian, sebuah tantangan untuk mendorong pengajar untuk dapat berinteraksi dengan peserta didik melalui pembelajaran online. Salah satu media pembelajaran online yang telah digunakan digunakan diberbagai negara maju adalah Edmodo. Edmodo adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang dapat memfasilitasi dosen untuk membuat dan mengatur kelas online mereka secara mudah. Penelitian ini menginvesitigasi bagaimana seorang dosen senior tapi tidak terbiasa bekerja dengan komputer, dapat menggunakan Edmodo sebagai media e-learning untuk mahasiswanya, dan selanjutnya mengungkap persepsi dosen dan mahasiswa tentang Edmodo. Penelitian yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Univeristas Jambi ini menunjukkan bahwa Dosen senior yang tak terbiasa bekerja dengan komputer tersebut dapat menggunakan Edmodo sebagai media e-learning. Hasil penelitin ini juga menunjukan bahwa dosen tersebut bersama mahasiswanya mempunyai persepsi yang positif terhadap Edmodo untuk pembelajaran dimana dosen dan mahasiswa menyatakan bahwa aspek teknis dan sebagian fitur Edmodo mudah untuk dipahami dan digunakan untuk pembelajaran berbantuan e-learning. Kata Kunci: E-learning, Jejaring Sosial, Edmodo

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...