Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 02 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester II Tahun Akademik 2013/2014 Universitas Jambi

Kuswanto Kuswanto (Unknown)
Nina Ardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model explicit instruction terhadap hasil belajar matematika ekonomi pada pokok bahasan diferensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-Experimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one-shit case study, dimana dalam rancangan ini tidak terdapat variabel kontrol dan sampel tidak dipilih secara random. Pada rancangan ini terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar mahasiswa, dimana Fhitung 7,690 lebih besar dari pada Ftabel pada dk: pembilang (k-1), penyebut (n-k) α = 0,05 sebesar 3,47. Hasil ini menunjukan bahwa kemampuan analisis mahasiswa tentang optimalisasi kegiatan perekonomian dalam menggunakan sumber daya yang ada ditentakan oleh pemahamannya tentang konsep dasar diferensial fungsi sederhana maupun majemuk dan kemampuannya dalam menentukan titik optimum dari suatu fungsi. Kata Kunci: model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...