Kegiatan belajar merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran. Mahasiswa akademi kebidananEstu Utomo Boyolali berasal dari macam-macam jurusan, dimana masing-masing mempunyaikompetensi yang berbeda, Hal ini akan mempengaruhi mahasiswa dalam mendalami materi perkuliahandan prestasi belajar.Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar MahasiswaTingkat II di Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali Tahun 2010.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif korelasi menggunakan metode pendekatan crosssectional. Variabel dalam penelitian ini adalah asal jurusan (variabel independen) dan prestasi belajar(variabel dependen). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II diAkademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali sebanyak 144 mahasiswa. Dalam analisa data di penelitian inimenggunakan uji statistik Chi Square.Ada hubungan asal jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan EstuUtomo Boyolali Tahun 2010 nilai ρ value = 0,024 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan frekuensi belajar dan bisa mengatasi masalah internal yangada di diri mahasiswa untuk mendapatkan prestasi belajar (IPK) yang baik.
Copyrights © 2010