Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok berbasis soal kontekstual di kelas VIII SMP.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case studies). Subjek penelitian ini yaitu 5 orang siswa diantaranya 1 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara.Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Wawancara dilakukan terkait konfirmasi ulang pengerjaan tes tertulis untuk mengetahui cara atau pola berpikir mengenai kemampuan pemahaman matematis.Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan tes dan wawancara diperoleh 70% siswa mampu menyatakan soal berbentuk kata-kata menjadi gambar, grafik, simbol matematika maupun sebaliknya.43% siswa mampu memahami dan menafsirkan masalah serta menentukan konsep yang digunakan dalam menyelesaikan masalah.20% siswa mampu meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal.Dapat disimpulkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang paling rendah terletak pada kemampuan meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal
Copyrights © 2021