Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka. Dalam penelitian ini kami melakukan penelitian di SD Negerti 02 Tahunan pada pelajaran matematika di kelas IV. Terdapat peserta didik yang kurang menyukai pembelajaran matematika, oleh karena itu peneliti memberikan solusi berupa pemberian reward dan punishment agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif, efisien, menyenangkan dan bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran yang dilakukan dengan adanya reward dan punishment memiliki dampak perubahan yang baik karena yang awalnya kurang semangat berubah menjadi lebih semangat dalam pembelajaran. Pemberian reward dan punishment sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment membuat peserta didik sangat semangat (antusias) dan termotivasi dalam pembelajaran matematika serta dapat menciptakan kelas yang aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022