Anak-anak dan remaja pengguna gadget di Indonesia cukup tinggi. Untukmengurangi ketergantungan anak-anak dengan memberikan alternatif kegiatanyang juga memberikan pengaruh positif dalam pengembangan karakter anak.Resiko Petualangan atau bermain resiko di alam terbuka dapat dijadikan salahsatu pendidikan alternatif yang dapat memberikan gambaran kepada orang tuaatau tenaga pendidik untuk menumbuhkan kesadaran dan respek anak terhadapdirinya, orang lain dan lingkungan dan meningkatkan kreativitas berpikir anakusia dini. Hasil evaluasi pendidikan dan pelatihan Resiko Petualangan di alamterbuka adalah memberikan sebuah pendidikan alternatif dalam pengembangankarakter yang dapat dikembangkan di sekolah sekolah atau kelompok bermain.Kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan dan dijadikan solusi pemecahanmasalah bagi anak-anak yang mengalami ketergantungan terhadap gadget.Diharapkan guru-guru dapat membuat kegiatan yang sifatnya kognitif tetapimengembangkan sisi afektif dan psikomotorik anak-anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019