Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya Pemahaman Konsep peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SD Al-Wathoniyah Bekasi Timur melalui metode time line(garis waktu). Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek peneliti adalah siswa kelas V SD Al-Wathoniyah Bekasi Timur yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Hasil menunjukan adanya peningkatan Pemahaman Konsep siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode time line diperoleh hasil yaitu pratindakan sebesar 40% setelah dilakukannya siklus I meningkat menjadi 52%, siklus II sebesar 68% dan pada siklus III meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep melalui metode Time Line.
Copyrights © 2018