Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran children learning in science terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas III.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Populasi yang digunakan adalah 62 siswa dengan jumlah sampel kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan thitung=3,354>1,671 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah model pemebelajaran children learning in science berpengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas III. Dengan demikian model children learning in science bisa dijadikan alternatif oleh guru ketika mengajar
Copyrights © 2013