Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS di lapangan terlihat kurangnya penggunaan media pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film terhadap hasil belajar ips dikelas V SDN Mekarsari 01 Tambun. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang digunakan sebanyak 205 siswa dari kelas V, sampel yaitu kelas VC 35 siswa sebagai kelas Kontrol dan VD 35 siswa sebagai kelas Eksperimen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,973 dengan db= 68 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga diperoleh ttabel 2,02 yaitu 10,973 > 2,02, berarti H0 ditolak dan H1 diterima,yang artinya terdapat pengaruh positif signifikan pada hasil belajar siswa Kelas V pada Mata pelajaran IPS di SDN Mekarsari 01 Tambun
Copyrights © 2014