Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2 No 2 (2014): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Kori Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Motivasi merupakan bentuk perbuatan yang mendorong individu untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan dan mempunyai fungsi sebagai sebagai praduga, penjelas dan prediksi tingkah laku, dengan dipengaruhi oleh kondisi tertentu”. Sedangkan Tipe pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model pembelajaran yang paling baik untuk permulaan bagi pendidik yang baru menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran ini, siswa ditempatkan dalam belajar yang beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi. Guru menyajikan laporan, siswa bekerja dalam tim mereka untuk memastikan seluruh tim telah menguasai pelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SDI Bani Saleh 6 Bekasi, dengan jumlah responden 60 siswa, terdiri dari 1 kelas eksperemen dan 1 kelas control. Dalam penelitian ini difokuskan pada pengaruh Tipe pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Archievement Division(STAD) pada Kelas V SDI Bani Saleh 6 Bekasi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...