Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6 No 2 (2018): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDIT AN-NADWAH BEKASI

Kori Sundari (Unknown)
Septian Andriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahamankonsep PKn melalui model kooperatif Artikulasi pada siswa kelas V SDIT An-NADWAH Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PenelitianTindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT An-NADWAH Bekasi yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan berbentuk tes tertulis berupa uraian yang diberikan pada akhirpembelajaran setiap pertemuan kedua. Adapun kriteria keberhasilan penelitianini dapat dilihat dari nilai indikator pemahaman konsep siswa > 75 sesuai KriteriaKetuntasan Minimal (KKM) dengan persentase keberhasilan minimal 80% darijumlah siswa.Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahamankonsep siswa yang dilihat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dapat dilihat darihasil nilai rata-rata yaitu 66,70 dengan presentase 60%. Pada siklus II nilai rataratameningkat menjadi 83,60 dengan presentase 84%. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran Artikullasi dapat meningkatkanpemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDIT An-NADWAH Bekasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...