Pelayanan publik yang diberikan instansi Pemerintah kepada masyarakat merupakan perwujudan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai pada kantor imigrasi kelas I TPI Bandar Lampung. Sampel dari penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey berbasis instrumen, teknik analisis yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas dengan uji hipotesis parsial, uji korelasi secara simultan. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 83,8%. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 83,6%. Terdapat pengaruh standar operasional prosedur (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 84,0%.
Copyrights © 2021