Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 2 No. 2 Juli 2021

ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MEDIA ONLINE TRIBUN SUMSEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Yuli Sari (Unknown)
Doni Samaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasif pada iklan kecantikan di Tribun Sumsel. Data penelitian berupa tindak persuasif wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa prosedur: (1) reduksi data (seleksi data dan pengodean data), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa ada sembilan iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021 yang diidentifikasikan mengandung unsur-unsur teknik persuasif dan tindak tutur. Teknik persuasif itu meliputi teknik persuasif rasionalisasi, teknik persuasif sugesti, teknik konfirmitas, teknik kompensasi, dan teknik penggantian. Adapun tindak tutur yang dipakai dalam wacana iklan produk kecantikan pada media online Tribun Sumsel edisi Februari 2021, yaitu tindak tutur deklaratif, tindak tutur interogatif, dan tindak tutur imperatif. Kata kunci: wacana, iklan, persuasif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...