Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 2 No. 1 Januari 2021

SUPERSTRUKTUR WACANA IKLAN KESEHATAN PADA MEDIA ELEKTRONIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Siti Rodiah (Unknown)
Edi Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan superstruktur wacana iklan kesehatan dan layanan masyarakat pada media elektronik di stasiun televisi RCTI, Mnc TV dan Trans TV periode Januari 2020. Penelitian ini fokus dalam menganalisis iklan berdasarkan elemen-elemen yang dikemukakan oleh teori Van Dijk. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan tehnik content analysis. Hasil penelitian ini berupa superstrutur wacana iklan kesehatan dan layanan masyarakat pada media elektronik periode januari 2020. Berdasarkan teori Van Dijk superstruktur dibagi menjadi tiga elemen yaitu butir utama (headline) ialah untuk menarik perhatian, badan (body) ialah untuk menarik minat dan penutup (close) ialah untuk tindakan. Dari teori yang dikemukakan Van Dijk dan hasil analisis ditemukan data sebanyak 23 iklan, yang terdiri dari 22 iklan kesehatan dan 1 iklan layanan masyarakat. data yang menggunakan elemen butir utama (headline) sebanyak 15 data, penggunaan elemen badan (body) sebanyak 23 data dan penggunaan elemen penutup (close) sebanyak 13 data pada stasiun televisi RCTI, Mnc Tv dan Trans Tv periode Januari 2020.  Kata kunci : superstruktur, iklan, media elektronik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...