Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 1, No. 2: July - December 2020

Mendidik anak dalam perspektif Islam (Kajian syarah Riyadhu-sh-Shalihin)

Tukinem Tukinem (Universitas Ahmad Dahlan)
Waharjani Waharjani (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini berawal dari pendidikan anak-anak yang terkadang kurang diperhatikan dari sisi agama Islam. Hal ini Terkait dengan kebiasaan (akhlaknya) dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua hendaknya juga memberikan keteladanan dalam semua sisi kehdiupan, terlebih dalam membiasakan anak-anak untuk berakhlak mulia sesuai yang dicontohkan nabi Muhammad Saw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam mendidik anak dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.  Simpulan dari penelitian ini adalah mendidik anak dengan lima tahapan (al-Qudwah (teladan), al-’Addah (pembiasaan), al-Mauidzah (pemahaman), al-Mulahadhah (memperhatikan potensi anak), al-’Uqubah (memberikan hukuman). Kelima tahapan tersebut hendaknya dibiasakan sejak dini (dalam keluarga). Sebagai seorang pendidik (guru) hendaklah menanamkan kelima tahapan tersebut di lingkungan pendidikan (sekolah).  Selanjutnya orang tua dan guru perlu mengenali dan mengetahu bakat (potensi) anak-anak sejak dini. Dalam memberikan hukuman (al-uqubah) hendaknya dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Fungsi hukuman adalah untuk mendidik dan wujud kasih sayang dari orang tua (guru).  pemberian hukuman juga disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak-anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...