Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2018): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, Oktober 2018

THE USE OF ERROR ANALYSIS ON GRAMMAR LEARNING: STUDENTS’ IMPROVEMENT IN USING SOME AND ANY

Desriani Nggolaon (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan error analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan some dan any atau tidak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buko. Adapun sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrument utama yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes yang meliputi tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisa data dari tes (tes awal 27.6, dan tes akhir 77.8), peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung sebesar 18.208 dari penerapan tingkat signifikan sebesar 0.05 dan tingkat kebebasan 29 (29-1) lebih besar dari nilai t-tabel 1.701. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan kata lain, error analysis efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran grammar khususnya dalam menggunakan kata “some” dan “any”.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...