Tujuan Penelitian untuk meminimalkan kesulitan belajar yang ada pada siswa di MAN Luwuk, melalui Strategi Active Knowledge Sharing. Subjek penelitian adalah siswa kelas X KAG yang berjumlah 32. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang menunjukkan indikator kesulitan belajar yang diambil dari pemberian angket pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, aktifitas siswa yang diambil dari lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran siswa dan guru serta kesulitan belajar terjadi penurunan secara signifikan pada siswa melalui Strategi Active Knowledge Sharing. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata capaian aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,96% dan siklus II mencapai 92,45% sementara rata-rata capaian untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,17% dan siklus II mencapai 94,58%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar didapatkan pada siklus I, dengan nilai rata-rata kesulitan pada siklus I diperoleh 26,37% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 15%. Dengan perolehan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi Active Knowledge Sharing, maka kesulitan belajar matematika siswa dapat diminimalisasikan.
Copyrights © 2021