Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING

Moh. Fadly A. Dg. Matona (Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2021

Abstract

Tujuan Penelitian untuk meminimalkan kesulitan belajar yang ada pada siswa di MAN Luwuk, melalui Strategi Active Knowledge Sharing.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X KAG yang berjumlah 32. Jenis penelitian ini  yaitu penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang menunjukkan indikator  kesulitan belajar yang diambil dari pemberian angket pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, aktifitas siswa yang  diambil dari lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran siswa dan guru serta kesulitan belajar terjadi penurunan secara signifikan pada siswa melalui Strategi Active  Knowledge Sharing. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata capaian aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,96% dan siklus II mencapai 92,45% sementara rata-rata capaian untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,17% dan siklus II mencapai 94,58%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar didapatkan pada siklus I, dengan nilai rata-rata kesulitan pada siklus I diperoleh 26,37% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 15%. Dengan perolehan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi Active Knowledge Sharing, maka kesulitan belajar  matematika siswa dapat diminimalisasikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...