Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2020): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Moh. Fadly A. Dg. Matona (Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII MTs Alkhairaat Luwuk dengan penerapan model pembelajaran kumon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif, dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A berjumlah 12 peserta didik. Tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik peserta didik yang terdiri tiga indikator, (1) Menyatakan ulang sebuah konsep, (2) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, (3) Mengaplikasikan konsep atau algoritma kedalam pemecahan masalah. Nilai rata-rata kelas melalui tes pemhaman konsep matematika Pada siklus I adalah 61,11 dan meningkat menjadi 80,93 pada siklus II. Sehingga, penerapan model pembelajaran kumon dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...