JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 24, No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KUALUH HULU

Abdul Harris Handoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2019

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kualuh Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan Saintifik dan Modifikasi Alat pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tes hasil belajar dilakukan di akhir setiap siklus untuk memperoleh data penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dengan jumlah siswa keseluruhan 36 orang, diperoleh sebanyak 55,55% siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan sisanya 44,45% siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dan dari hasil tes pada siklus II dengan jumlah siswa 36 orang, diperoleh 86,11% siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 13,89% masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan saintifik dan modifikasi alat, dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...