JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 25, No 1 (2019)

DESAIN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FKIP UHN

Adi Suarman Situmorang (Unknown)
Friska B. Siahaan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasi eksperimen dengan tujuan untuk memperoleh sebuah desain model pencapaian konsep yang diperoleh untuk dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. Untuk mengetahui persentase pencapaian minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan model pencapaian konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar dosen diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,364 yang artinya kemampuan mengajar dosen menggunakan model pencapaian konsep “Sangat Baik” dan dari hasil observasi aktivitas aktif mahasiswa juga diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,414 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sangat Baik”. Persentase peningkatan pencapaian minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran model pencapaian konsep untuk indikator perasaan senang adalah 49,22% (sangat baik), Ketertarikan belajar adalah 49,48% (sangat baik), Perhatian belajar adalah 49,48% (sangat baik), dan Keterlibatan belajar adalah 52,34% (sangat tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa desain model pembelajaran pencapaian konsep sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...