Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingakan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing menggunakan media Courselab pada materi struktur atom. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media courselab dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikan 5% dan dk= 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Courselab dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan media Courselab pada materi struktur atom. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel (2,48 > 2,002).
Copyrights © 2020