Tujuan: Metode glenn doman adalah salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan untuk meningkatkanperkembangan anak, terutama perkembangan bahasa dan kognitif. Metode glenn doman yang diberikan yaituflash card dan dot card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode glenn doman terhadapperkembangan bahasa dan kognitif anak prasekolah di TK Ladas Berendai Kota Prabumulih.Metode: Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental design denganrancangan one group pretest posttest. Jumlah sampel sebanyak 20 anak yang diambil dengan cara purposivesampling. Uji yang digunakan yaitu Marginal Homogeniety.Hasil: Pada anak prasekolah sebelum diberikan metode glenn doman perkembangan bahasa hanya 5% yangberada dalam kategori baik dan 40% perkembangan kognitif dalam kategori baik, setelah diberikan metodeglenn doman perkembangan bahasa menjadi 75% dalam kategori baik dan perkembangan kognitif menjadi95% dalam kategori baik, dengan p value = 0,000. Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara padaperkembangan kognitif dan bahasa anak sebelum dan setelah diberikan metode glenn doman, dengan p value = 0,000 yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode glenn doman terhadap perkembangan bahasa dankognitif anak usia prasekolah di TK Ladas Berendai Kota Prabumulih Tahun 2013.
Copyrights © 2014