Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
2017: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)

Kemampuan Technological Knowledge (TK) Calon Guru Biologi FKIP UMS

Dhawati, Dwi Anis Aris (Unknown)
Hariyatmi, H (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2017

Abstract

Guru merupakan faktor utama dan penentu (kunci) keberhasilan pembelajaran serta upaya pembaharuan mutu pendidikan. Mishra dan Koehler (2006) mengembangkan konsep Pedagogical Contant Knowledge (PCK) dengan menambahkan aspek Technological Knowledge sehingga terbentuk Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Seiring berkembangnya dunia teknologi seorang guru maupun calon guru juga harus mampu mengikuti perkembangan yang ada untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan inovatif. Technological Knowledge (TK) merupakan suatu pengetahuan yang harus dimiliki guru tentang teknologi, dimana TK mampu mendukung suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran TK calon guru Biologi FKIP UMS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan kemampuan TK calon guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan cara mengambil 120 RPP dari 60 calon guru dimana setiap calon guru diambil dua RPP. Dari penelitian didapatkan bahwa pengetahuan calon guru tentang macam teknologi termasuk kategori baik (80,58%), kemampuan menggunakan software termasuk kategori baik (76,37%), kemampuan menggunakan hardware termasuk sangat baik (90,75%). Berdasarkan hasil penelitian diperlihatkan bahwa kemampuan TK calon guru Biologi FKIP UMS termasuk kategori baik (82,56%).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

snpbs

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) adalah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah ...