Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
2019: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)

Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Hariyatmi, H (Unknown)
Krisnaningrum, Atika (Unknown)
Megatywie, Illona (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2019

Abstract

Guru berperan penting dalam mengembangkan ketrampilan berpikir kritis siswa yang meliputi kemampuan menganalisis, mengambil pertimbangan, membuat keputusan dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengambarkan kemampuan guru biologi MAN Surakarta dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, populasi sebanyak enam orang guru biologi pada satu sekolah MAN di Surakarta Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian sebanyak dua orang guru dengan penentuan Sampel menggunakan purposive sampling, yaitu dengan menentukan masing-masing satu orang guru biologi kelas X dan XI. Data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi pada saat pembelajaran. Data kemampuan mengembangkan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kemampuan guru biologi MAN Surakarta dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada aspek memberikan penjelasan sederhana termasuk kurang baik (26.33%), memberikan penjelasan lanjut dan strategi taktik termasuk sangat kurang baik (18.01% dan 1.74%). Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa kemampuan guru Biologi MAN Surakarta dalam mengembangkan kemampuan kritis siswa termasuk katagori sangat kurang baik (15.36%)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpbs

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) adalah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah ...