AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2022)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Farhan Muhammad Iqbal (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Slamet Hw (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memecahkan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Indikator kesulitan dalam penelitian ini berdasarkan teori Cooney yang terdiri dari kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam menerapkan prinsip dan kesulitan dalam memecahkan masalah verbal. Validator soal penelitian ini yaitu dua dosen dari Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta dan satu guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sudirman Ngargoyoso tahun ajaran 2021/2022. Subjek yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah 3 siswa berdasarkan salah satu dari kategori subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang dan subjek berkemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah subjek kemampuan tinggi mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan menerapkan prinsip dan memecahkan masalah verbal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...