Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi)
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, dan Akuntansi)

Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying

Kabul Trifiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui impulse buying pengguna Aplikasi e-commerce Shopee. Penelitian ini untuk membuktikan bahwa tidak semua dimensi visual merchindising mampu menstimuli impulse buying sesuai dengan gap dari beberapa penelitian sebelumnya. Sampel pada penelitian ini 192 responden masyarakat kebumen pengguna aplikasi Shopee yang aktif melakukan pembelian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah online visual merchandising: online produt presentation (X1), web/aplication design (X2), web/aplication advertising (X3), promosi penjualan online (X4) dan impulse buying (Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi berganda. Dari 3 dimensi online visual merchandising, terbukti hanya web/aplication advertising yang berpengaruh, kemudian promosi penjualan online juga berpengaruh positif terhadap impulse buying. Terbukti bahwa presentasi produk dan disain aplikasi tidak mampu menstimuli impulse buying. Sehingga seller di aplikasi Shopee untuk dapat memanfaatkan iklan dan promosi yang dilakukan Shopee dengan sebaik mungkin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-hummansi

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu humaniora, manajemen dan akuntansi. Berdasarkan SK Ketua STIKOM Yos Sudarso No.18/STIKOM-YOS/KP/VI/2018 dan Surat Kepala Pusat Nasional ISSN PDII LIPI No. 0005.26231069/Jl.3.1/SK.ISSN/2018.09 ...