Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya buku teks siswa tematik kurikulum 2013 yang beredar di kalangan siswa saat ini. Buku teks yang digunakan oleh guru dan siswa harus relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya buku teks siswa tematik kurikulum 2013 yang beredar saat ini belum di ketahui tingkat kesesuaiannya dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Bedasarkan hal tersebut, maka peneliti terarik untuk meneliti “Kesesuaian Buku Tematik Tema Benda-benda di Sekitar dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesesuaian buku teks siswa tematik terpadu tema benda-benda di sekitar kita dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 di kelas V SD/MI.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks siswa tematik terpadu tema benda-benda di sekitar kita dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 di kelas V SD/MI.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan library research dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dengan instrument penelitian menggunakan daftar check-list dengan bentuk penilaian skala likert. Dengan teknik analisis data content analysis.Hasil penelitian ini pada sub Tema 1 Benda Tunggal dan Campuran dengan nilai kesesuaian sebesar 92%, pada sub tema 2 benda dalam kegiatan ekonomi dengan nilai 96%, subtema 3 manusia dan berada di lingkungannya 88.5%, subtema 4 kegiatan berbasis literasi dengan nilai kesesuaian 91%.
Copyrights © 2021