Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak pemasar merambah media online dalam mempromosikan produknya, khususnya media sosial. Salah satu media sosial yang dijadikan sasaran pemasar untuk promosi adalah Youtube. Dengan besarnya jumlah penonton Youtube di Indonesia menyebabkan banyak munculnya iklan online. Cara penyajian iklan pun saat ini semakin beragam. Iklan yang disajikan dengan cara naratif sedang digemari oleh pemasar dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan konsumen saat ini lebih menyukai iklan naratif yang menghibur serta informatif. Iklan online dalam bentuk naratif dianggap efektif karena dapat membentuk sikap penonton. Penelitian ini membahas pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton dengan menjadikan webseries Samsung Move on Trip sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan kuisioner yang dibagikan kepada penoton webseries Move on Trip. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh persamaan Y= -1,672 + 0,341X. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi yang diberikan oleh iklan online naratif dalam menjelaskan varian dari sikap penonton sebesar 55,9%, sedangkan 44,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak menjadi fokus penelitian ini. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa iklan online naratif memberikan pengaruh terhadap sikap penonton.
Copyrights © 2019