Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Vol 1, No 2 (2019): Juni 2019

Pengaruh Iklan Online Naratif Move on Trip terhadap Sikap Penonton Media Sosial Youtube

Ghina Khalisha M (Unknown)
Nurul Rachmadini (Unknown)
Kristoforus Febrian K (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak pemasar merambah media online dalam mempromosikan produknya, khususnya media sosial. Salah satu media sosial yang dijadikan sasaran pemasar untuk promosi adalah Youtube. Dengan besarnya jumlah penonton Youtube di Indonesia menyebabkan banyak munculnya iklan online. Cara penyajian iklan pun saat ini semakin beragam. Iklan yang disajikan dengan cara naratif sedang digemari oleh pemasar dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan konsumen saat ini lebih menyukai iklan naratif yang menghibur serta informatif. Iklan online dalam bentuk naratif dianggap efektif karena dapat membentuk sikap penonton. Penelitian ini membahas pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton dengan menjadikan webseries Samsung Move on Trip sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan kuisioner yang dibagikan kepada penoton webseries Move on Trip. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh persamaan Y= -1,672 + 0,341X. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi yang diberikan oleh iklan online naratif dalam menjelaskan varian dari sikap penonton sebesar 55,9%, sedangkan 44,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak menjadi fokus penelitian ini. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa iklan online naratif memberikan pengaruh terhadap sikap penonton.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Humaniora

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...