Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus, jurnal ini menaruh perhatian, tetapi tidak terbatas pada bidang ilmu komunikasi, ilmu ekonomi, ilmu sosial, dan ilmu politik. Hasil penelitian dari bidang ilmu lain dimungkinkan sepanjang obyek penelitiannya berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial humaniora. Secara garis besar Jurnal Petanda mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam lingkup komunikasi politik, ekonomi politik media, media massa dan media sosial, komunikasi dan keluarga berencana, jurnalisme dan media, kehumasan, periklanan, pembangunan sosial, gender dan pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial, pemerintahan dan hubungan internasional. Sebagai sebuah Terbitan Berkala Ilmiah, Petanda menggunakan standar peer review yang ketat dengan melibatkan peer reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi. Periode terbit jurnal ini adalah dua kali setiap hari terakhir di bulan Desember dan Juni tahun berjalan.
Articles
89 Documents
Computer-Mediated Communication sebagai Sarana Presentasi Diri Guru PAUD
Siti Rina Apriliani
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 2, No 2 (2020): JUNI 2020
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (356.846 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v2i2.1029
Hadirnya media sosial memudahkan penggunanya untuk melakukan presentasi diri dalam Computer -Mediated Communication (CMC). Fasilitas yang diberikan di media sosial khususnya Facebook memungkinkan seseorang menggambarkan diri mereka untuk mendapatkan kesan tertentu dari pengguna lain yang terhubung dengan mereka. Guru PAUD dipilih sebagai subjek penelitian karena presentasi diri yang mereka lakukan di facebook dapat menjadi tolok ukur bagi orang tua murid dalam memberikan kepercayaan untuk mendidik anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Guru PAUD yang berteman dengan orang tua di Facebook melakukan presentasi diri di Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai tiga orang Guru PAUD di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Pertanyaan penelitian disusun berdasarkan lima kategori yang telah ditentukan, yaitu ingratiation, self-promotion, intimidation, exemplification, dan suplication. Hasil dari penelitian menunjukkan informan cenderung menggunakan strategi ingratiation dan self-promotion dalam melakukan presentasi diri di facebook. Dengan kata lain presentasi diri yang dilakukan informan di facebook berupa membagikan unggahan yang membuat mereka dinilai baik oleh orang tua murid dan mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan pekerjaan mereka untuk menunjukkan integritas mereka sebagai Guru PAUD.
Pemanfaatan Co-Creation oleh Jenis Co.Create sebagai Strategi Pengembangan Produk Perbankan Digital Jenius
Nori Ayufi;
Risma Pertiwi;
Vashty G. Shabrina;
Irwansyah Irwansyah
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 1, No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (235.502 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v1i2.828
Sektor teknologi dan informasi yang berkembang menyebabkan tumbuhnya financial technology atau fintech di Indonesia. Salah satu penggebrak pada ranah fintech adalah Bank BTPN dengan produk mobile banking Jenius. Dalam pengembangan produknya, Jenius mengembangkan wadah Jenius Co.Create dimana mereka dapat mewadahi kolaborasi ide, inspirasi dan kreativitas mengenai pengembangan industri fintech masa depan yang dapat masukan bagi pengembangan mobile banking Jenius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara narasumber dan kajian konsep mengenai co-creation serta consumer empowerment. Diperoleh kesimpulan bahwa Jenius melalui Jenius Co.Create sejauh ini sudah mengimplementasikan model DART dalam penggunaan ko-kreasi pada produknya. Adapun dengan interaksi yang terbentuk pada Jenius Co.Create maka secara otomatis terbentuk sebuah online community di antara para pengguna website.
Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Pengelolaan Limbah Rumah Sakit
Meiliyah Ariani;
Zulhawati Zulhawati;
Dimas Darmawan
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (190.582 KB)
|
DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1975
Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi lingkungan pada pengelolaan limbah dan perlakuan akuntansi terhadap biaya lingkungan di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok telah melakukan pengelolaan limbahnya dengan baik. Proses pengumpulan dan pengemasan telah dilakukan sesuai dengan standar yang diatur oleh KEPMENKES RI Nomor 1204/MENKES/X/2004:3. Keberadaan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai upaya pencegahan dan mengurangi terjadinya limbah keluar dari proses produksi juga sudah dijalankan dengan baik, namun pengolahan limbah cair tersebut tidak maksimal. Pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih memiliki kendala pada saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) karena Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih menggunakan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Puskesmas terdahulunya yang mengakibatkan beberapa limbah cair milik Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok tidak tertampung dan tidak terolah dengan baik.
Pengalaman Komunikasi LGBT Genarasi Z Melalui Media Sosial
Sutan Yasid Rafi;
Radja Erland Erland Hamzah;
Mukka Pasaribu
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 4, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (263.393 KB)
|
DOI: 10.32509/petanda.v4i1.1841
Salah satu fenomena yang terjadi dalam lingkup sosial kita adalah adanya kelompok LGBT yang juga memiliki kebutuhan dalam berinteraksi sosial. Tujan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengalaman komunikasi antara LGBT melalui media sosial. Teori yang digunakan adalah interaksionime simbolik untuk menjelaskan terjadinya proses komunikasi yang meraka alami pada media sosial. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus untuk mempelajari sebuah fenomena secara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat proses komunikasi dalam preses interaksi yang terjadi dalam media sosial yang berujuan untuk mendapatkan informasi, mendapatkan teman baru bahkan pasangan. Dalam kasus ini, terdapat beberapa persamaan makna dalam simbol komunikasi verbal yang terjadi dalam komunikasi antara sesama lesbian dan gay. Tidak hanya simbol verbal, simbol non-verbal pun juga dipakai seperti gaya berpakaian yang ditunjukkan. Bagi mereka lesbian dan gay kedua simbol tersebut merupakan sebuah istilah yang membantu mereka menemukan teman sesama lesbian atau gay dan juga sebagai penentu peran mereka dalam sebuah hubungan homoseksual.
The Use of Instagram on Political Participation of Communication Students in Universitas Negeri Jakarta
Aisya Aisya;
Ayu Priana;
Salsabila Ardiningrum;
Dini Safitri
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 2, No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (455.309 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v2i1.987
Social media is now an important part of human life, not spared in the lives of teenagers. One of the social media that is now widely used by teenagers is Instagram. Along with the progress of various features provided, Instagram is now often used as a political campaign media. This study aims to determine the effect of using instagram on political participation in adolescents, especially students of the Communication Studies Program at the State University of Jakarta. This research uses the Uses and Gratification theory about media use and satisfaction. The benefit of cold research achieved in this study is to find out how to use Instagram to attract teenagers in political participation. In addition there are benefits to be achieved namely that the results of this study can be used for further similar studies. This study uses a quantitative approach. The unit of analysis of this research is the interest of adolescents in political participation. Data processing in this study uses simple linear regression analysis techniques. Based on the test results, the constant value and regression of the use of instagram variables of 0.278. Then the regression coefficient value of the political participation variable is 0.776. While the value of t arithmetic is 9,912 greater than the value of t table, which is 1.987. Based on this value, it is known that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of the use of Instagram (X) on political participation (Y) of Communication Science students at Jakarta State University.
Broadcasting Radio Ponorogo dalam Kajian Konvergensi Media
Nur Aini Shofiya Asy’ari
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (319.577 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v1i1.661
Media informasi bergerak cepat sesuai dengan pergeseran budaya informasi yang terus berubah. Media radio yang tren kependengarannya terus menurun dari tahun ke tahun mendorong media radio untuk bersinergi dan berkonvergensi dengan media baru untuk tetap diakses khalayak. Konvergensi media telah dilakukan oleh radio-radio di Ponorogo. Namun bagaimana konvergensi media dilakukan sehingga memberikan dampak pada pola masyarakat mengakses radio radio perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konvergensi media diterapkan oleh radio-radio di Ponorogo sehingga mampu memberikan gambaran tentang sejauhmana konvergensi media membantu perkembangan radio di Ponorogo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisa data-data yang didapatkan dari kegiatan survei lapangan dan wawancara kemudian dikaji dengan teori Ilmu Komunikasi dan Konvergensi Media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata radio di Ponorogo menggunakan new media untuk mendukung aktifitas siaran radionya, namun tidak disertai tingkat pemahaman yang baik tentang apa itu konvergensi media sehingga langkah konvergensi tidak mencapai target yang diinginkan. Strategi konvergensi yang dilaksanakan oleh radio-radio di Ponorogo dilaksanakan hanya sekedar mengikuti perkembangan yang ada tanpa ada rumusan baku dalam pelaksanaannya.
Ketahanan Pangan Indonesia Memperkuat Wujud Nasionalisme
Taufiqurokhman Taufiqurokhman;
Andriansyah Andriansyah
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 1 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (147.733 KB)
|
DOI: 10.32509/petanda.v3i1.1966
The purpose of this research is to look at food security policies in realizing the ethos of nationalism, namely the fulfillment of household food with good, safe and equitable quality standards. The problem in writing this research is that food security is seen from various sides, economic, social and political, so that food security should not cause an instability in Indonesia. The research methodology uses qualitative descriptive analysis approach, with a desaint of research using Creswell's theory, J. W. (2014). Primary data in this study were obtained from the Ministry of Agriculture officials, for secondary data obtained from literature studies and documents relating to Food Security. The results of the study stated, (1) The agricultural sector is the main pillar of the development of almost all economic activities centered on the agricultural sector. (2) The government is obliged to guarantee the adequacy of food with good quality, price stability, for the community, especially for low income groups. (3) The archipelago's food security policy with the agricultural sector mentions the need for archipelago-minded agricultural centers that can streamline agricultural production so that the results can be maximized.
Kemitraan Global untuk Transparansi Pemerintah: Rencana Aksi Open Government Indonesia
Griselda Isaura
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 2, No 2 (2020): JUNI 2020
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (381.455 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v2i2.1030
Kehadiran konsep demokrasi yang sudah mulai diterima oleh banyak negara di dunia dan juga konsep good governance atau pemerintahan yang baik yang saat ini sudah menjadi agenda internasional, dan perkembangan dari inovasi teknologi juga sudah tidak dapat ditahan lagi, sehingga banyak informasi yang masuk ke dalam masyarakat, menyebabkan masyarakat semakin kritis dalam menilai kinerja pemerintah dan menuntut untuk pemerintahan yang lebih terbuka dan transparan. Indonesia bersama delapan negara pencetus lainnya dalam United Nations General Assembly tahun 2011 sepakat untuk menginisasi sebuah gerakan untuk mendorong pemerintahan yang terbuka yang dinamakan Open Government Partnership. Di Indonesia gerakan global ini dinamakan Open Government Indonesia. Gerakan ini menginisiasi sebuah rencana aksi nasional sebagai sebuah komitmen Indonesia untuk menjadi negara yang memiliki tata kelola pemerintahan yang baik dan sebagai jawaban untuk menjawab tantangan masyarakat tentang keterbukaan. Dengan menggunakan studi deskriptif, hasil penelitian menunjukkan kemitraan yang ada dalam tata kelola pemerintahan yang tercermin dalam tiga proses perumusan rencana aksi, yaitu formulasi aksi, implementasi aksi, dan evaluasi aksi.
Penyimpangan Makna Cinta dalam Penggunaan Stiker Line Brown & Cony
Christina Arsi Lestari
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 1, No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (345.648 KB)
|
DOI: 10.32509/jhm.v1i2.832
Aplikasi Line chatting yang berasal dari Jepang memiliki lambang stiker, dengan icon perdananya Brown Cony. Lambang stiker Brown Cony di sini dibuat dengan seunik dan selucu mungkin, dengan berbagai ekspresi dan emosi yang dihadirkannya. Melalui simbol ekspresi dan emosi tersebut tersembunyi ajakan-ajakan untuk melakukan tindakan yang bertentangan dengan moral, misalnya seks bebas di kalangan remaja. Konteks peristiwa yang dihadirkan oleh kedua icon Line tersebut bukanlah aktivitas untuk konsumsi publik, bahkan juga tidak dalam ranah privasi antara pasangan suami dan istri. Namun sekarang bisa secara bebas dinikmati oleh semua umur bahkan anak-anak. Penelitian ini menganalisis konstruksi makna cinta yang dihadirkan dalam Stiker Line Brown Cony. Hasil studi menemukan adanya penyimpangan makna cinta sebab cinta tidak lagi dipandang suci. Pernikahan bukan satu-satunya cara untuk melampiaskan cinta, sehingga makna cinta menjadi bias dan bisa bergeser ke arah penyimpangan seksual bahkan seks bebas tanpa ikatan. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menyadarkan khalayak mengenai penggunaan stiker Line yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan.
Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
Rahmaini Rahmaini;
Alan Hidayat
PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (475.662 KB)
|
DOI: 10.32509/petanda.v3i2.1976
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model manajemen yang diterapkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kantin Jasmine dalam upaya mempertahankan diri menghadapi situasi krisis sebagai dampak pandemi covid-19. Model manajemen ini meliputi aspek manajemen perusahaan, yaitu manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Dalam aplikasinya, model manajemen UMKM ini melakukan analisis strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) terhadap aktivitasnya sehingga secara umum dapat diketahui dan dievaluasi perkembangan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Kantin Jasmine sebagai salah satu UMKM yang tergabung dalam komunitas Sawangan Maju Bersama (SASUMA) ini dipilih menjadi objek penelitian karena berdasarkan observasi awal menunjukkan kegigihannya bertahan setelah 20 tahun lebih hingga melewati masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen yang diterapkan oleh Kantin Jasmine dalam upaya mempertahankan diri menghadapi situasi krisis sebagai dampak pandemi covid-19 ialah mengembangkan model manajemen UMKM yang meliputi strategi di bidang produksi, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan keuangan. Adapun hasil analisis SWOT yang diterapkan pada Kantin Jasmine menunjukkan adanya kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan baik secara internal maupun eksternal.