Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
Vol 3, No 2 (2021): Juni 2021

Implementasi Kebijakan Pajak Reklame di Kota Cilegon

Baihaki Baihaki (Dewan Perwakilan Daerah Kota Cilegon)
Alan Hidayat (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya ketertarikan penulis melihat fenomena tidak tercapainya target penerimaan pajak reklame selama beberapa tahun terakhir, bahkan realisasinya di bawah 30% dari target yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon Provinsi Banten. Teori yang digunakan adalah teori dari Smith bahwa ada empat dimensi yang terdapat dalam implementasi kebijakan; Idealized Policy, Target Group, Implementing Organization dan Enviromental factors Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan,  wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive yaitu pemilihan informan berdasarkan pertimbangan tertentu yang dilakukan peneliti, sesuai dengan kebutuhan data penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi kebijakan pajak reklame di Kota Cilegon pada dimensi Idealized Policy, Target Groups, dan Environmental Faktors belum maksimal. Adapun pada dimensi pada tataran organisasi pelaksana sudah berjalan cukup baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Humaniora

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jakarta, sebagai sebuah jurnal multidisiplin berskala nasional untuk publikasi hasil-hasil penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan ...