ADILLA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah
Vol 4 No 1 (2021): Januari

Pengaruh Promosi, Nilai Syari’ah, dan Prosentase Margin Terhadap Minat Nasabah untuk Mengajukan Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Pangean

Khotib Sholeh (Universitas Islam Darul 'Ulum)
Anisa Nur Fauzia (Universitas Islam Darul 'Ulum)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, nilai syariah dan prosentase margin baik secara simultan maupun parsial terhadap minat nasabah untuk mengajukan pembiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Mandiri Sejahtera Jawa Timur Cabang Pangean. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 15 responden. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Sampling Jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif responden, analisis statistic deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel independen yaitu promosi, nilai syariah dan prosentase margin berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat nasabah untuk mengajukan pembiayaan murabahah. Sedangkan pada hasil uji t parsial, variabel promosi berpengaruh terhadap minat nasabah untuk mengajukan pembiayaan murabahah, kemudian variabel nilai syariah tidak berpengaruh terhadap minat nasabah untuk mengajukan pembiayaan murabahah, dan variabel prosentase margin juga tidak berpengaruh terhadap minat nasabah untuk mengajukan pembiayaan murabahah

Copyrights © 2021