ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling
Vol 1, No 1 (2020): Rosyada: Islamic Guidance and Counseling

Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Bhakti Persada Bekasi

Viina Nailul Muna (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Devi Ratnasari (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Slamet Hamid (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasibelajar kelas 11 SMK Bhakti Persada Bekasi. Dengan sampel sebanyak 77 siswa. Metodepeneliti yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional.Selain itu menggunakan analisis kuantitatif. Dari penelitian ini penulis menarikkesimpulan bahwa dari data yang di peroleh mendapatkan koefisien korelasi sebesar0,480 berarti data tersebut menunjukan bahwa rendahnya hubungan antara kecerdasanemosional dengan prestasi belajar siswa di SMK Bhakti Persada Bekasi dan kemudianuji hipotesis thitung dengan ttable menghasilkan thitung > ttabel yaitu 4,7387 > 1,99210. denganhasil tersebut dapat di simpulkan bahwa H1 diterima atau H0 ditolak artinya adanyahubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas 11 SMK BhaktiPersada.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rosyada

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

"Rosyada: Islamic Guidance and Counseling" is a journal published by the FUAD IAIN Ponorogo. This journal is published twice a year in June and December. "Rosyada: Islamic Guidance and Counseling" accept research results related to 1. Counseling 2. Parenting 3. Psychotherapy 4. Islamic ...