Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika pelayanan ditinjau dari persepsi calon tenaga kerja Indonesia pada kantor imigrasi Kelas III Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian yaitu calon Tenaga Kerja Indonesia dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima. Teknik pemilihan informan yakni secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi (triangulation). Teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa etika pelayanan publik di Kantor Imigrasi kelas III Kota Bima ditunjukkan adanya sikap jujur, tanggung jawab, dan sikap disiplin pegawai dalam memberikan pelayanan kepada calon tenaga kerja Indonesia. Sikap jujur ditunjukkan dengan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang dan transparansi dalam memberikan pelayanan. Sedangkan sikap tanggung jawab ditunjukkan dengan adanya ketepatan waktu dalam pelayanan dan menyadari kepentingan publik. Sementara sikap kedispilinan pegawai ditunjukkan dengan adanya ketaatan pada peraturan yang berlaku dan pelaksanaan tugas sesuai jam kerja.
Copyrights © 2022