Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Muzeliati Muzeliati (Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Riau)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)
Agustinawati Agustinawati (Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Tambang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Kahoot. Metode yang digunakan adalah diskusi dan dengan pendekatan Santifik-TPACK. Tahapan PTK ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model PBL berbasis Kahoot hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 69 dengan ketuntasan 60%, nilai rata-rata hasil belajar siklus II terjadi peningkatan menjadi 81 dengan ketuntasan 80% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 91 dengan ketuntasan mencapai 93%. Setelah diterapkannya metode PBL berbantuan kuis interaktif  Kahoot, maka hasil belajar kimia pada siswa kelas XII IPA 2 SMAN 2 Tambang dapat meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...