Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rosa Fitriana (Sekolah Menengah Atas Negeri 2 OKU)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)
Agustinawati Agustinawati (Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 1 dengan penerapan model pembelajaran problem base learning di SMA Negeri 2 OKU. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan maodel pembelajaran problem base learning di kelas XII IPA 1 pada materi sel volta dan korosi. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 OKU semester ganjil berjumlah 15 orang. Pengambilan data dilakukan dengan data tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dimana persentase ketuntasan masing-masing siklus adalah 60%, 73,4% dan 86,7%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem base learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...