Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika . Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei . Sampel diambil sebanyak 72 peserta dari siswa paket C (5 PKBM). Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu dengan teknik analisa jalur . Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh langsung yang signifikan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep Matematika. Kontribusi langsung kemampuan awal terhadap penguasaan konsep Matematika sebesar 8,29% . (2) Ada pengaruh langsung yang signifikan minat belajar terhadap penguasaan konsep Matematika sebesar 18,84%. (3) Ada pengaruh langsung yang signifikan kemampuan awal terhadap minat belajar. Kontribusi langsung kemampuan awal terhadap minal belajar sebesar 24,8% (4) Pengaruh tidak langsung kemampuan awal terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajar yaitu : 21,61%. Untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa diperlukan upaya perubahan dalam penerapan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, dan meningkatkan minat belajar siswa Abstract To determine the effect of initial ability and interest in learning towards mastery of mathematical concepts. The research method used is the survey method. Sample taken as many as 72 participants from students package C (4 PKBM). Data analysis using descriptive statistics and inferential statistics namely the path analysis technique. Research result indicate : (1) There is a significant direct effect of initial ability on mastery of mathematical concepts is 8,29%. (2) There is a significant direct effect of interest in learning on the mastery of mathematical concepts is 18,84%. (3) There is significant direct effect of initial ability on learning interest. The direct constribution of initial ability to interest in learning is 24,8 %. (4) Indirect effect of initial ability on mastery of mathematical concepts through interest in learning is 21,61 %. To Improve students mastery of mathematical concepts then a change is needed effort to change in the application of learning approaches that are adapted to the characteristics of students one of which is to improve teacher competence, student learning interest.
Copyrights © 2022