Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0

Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar

Rita Nurfa (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Quraisy (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 96 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar tahun ajaran 2020/2021 yang menggunakan teknik pengambilan sampel adalah keseluruhan popolasi atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self-regulated learning dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar dengan besar pengaruh yaitu 79,6%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...