: Pelabuhan Batam adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, keberhasilannya diukur apabila jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh pelanggan dan menjadi pelanggan tersebut puas setelah menggunakannya. Disamping itu dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup operasional perusahaan, agar dapat berkembang dan memperoleh laba yang maksimal kegiatan pelayanan dan fasilitas yang harus dapat menopangnya.Hasil penelitian di Pelabuhan Batu Ampar Batam dengan mengambil 60 sampel dengan data meliputi kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat sedangkan pelayanan dan fasilitas sebagai variabel bebasnya.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis regresi linier berganda dihasilkan persamaan :Berdasarkan uji t variabel - variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan dapat diurutkan secara parsial sebagai berikut : X1 (Pelayanan = 6.218); X2 fasilitas - 5,508), secara simultan kedua variabel (X1, X2) tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y) sebesar 23,952
Copyrights © 2006