Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Perhatian Orangtua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar

Nacjmi Aulia Fadhilla (Universitas Islam Riau)
Febrina Dafit (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) terhadap hasi belajar (Y) siswa kelas IV SDN 005 Gelora. Penelitian kuantitatif yang menganalisis data dengan alat statistik dalam bentuk angka-angka. Penelitian ini menggunkan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 responden, maka sampel penelitian ini juga sebanyak 76 sampel atau responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ttabel adalah nilai tabel distribusi t untuk taraf nyata 5% dengan derajat kepercayaan (df=n-2) = 76 dimana n adalah banyaknya responden, didapatkan ttabel =1,665. Untuk nilai Sig (X1) = 0,077 dan thitung = 1,791. Karena nilai Sig< 0,05 dan thitung>ttabel maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Perhatian Orang Tua ) terhadap variabel terikat Y (Hasil Belajar). Dari hasil pengujian regresi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Perhatian Orang Tua) terhadap variabel terikat Y (Hasil Belajar).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...