Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Pendek Berbasis Virtual Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik

Hara Permana (Fakultas tarbiyah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa cirebon)
Taufiqurrohman Taufiqurrohman (Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon)
Khaeva Khaerunnisa (Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon)
Yansen Alberth Reba (Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

Dalam kehidupan, rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Karna dengan rasa percaya diri, individu mampu melakukan sesuatu dengan baik, terutama pelajar yang masih dalam masa-masa perkembangan.Namun faktanya, dikelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber Kabupaten Cirebon masih banyak peserta didik yang memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara kepada guru BK SMP NEGERI 1 Sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan media film pendek berbasis virtual terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain True Eksperimen dan pola desain Pretest-Pottest Control Group Design. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deksriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini didapatkan nilai Sig (92failed) dari uji independent simple t test sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata sikap kepercayaan diri peserta didik antara kelompok eksperimen (117,27) dan kelompok kontrol (90,87). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edunity

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan is a double-blind, open-access peer-reviewed academic journal in social and educational fields. This journal is published monthly by PT. Publikasiku Academic Solution. Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan provide a means for ongoing discussion of ...